Jumat, 22 April 2016

Posted by Aldy Forester | File under : , , , ,
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu bagian sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam menyiapkan tenaga kerja yang profesional dan terampil serta siap berkompetisi dalam merebut pasar tenaga kerja.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan yang sebelumnya bernama Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) bertujuan menyiapkan peserta didik untuk berperan dalam mendukung pembangunan sektor kehutanan. SMK Kehutanan diselenggarakan dan dibina oleh Kementerian Kehutanan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. SMK Kehutanan Negeri Makassar melayani 9 propinsi (Sulsel, Sulbar, Sultra, Sulteng, Gorontalo, Sulut, Maluku Utara, NTT dan NTB).

Kompetensi Keahlian
Kompetensi keahlian yang dikembangkan adalah Kehutanan dengan ruang lingkup meliputi :
-  Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan
-  Teknik Konservasi Sumberdaya Hutan.

Lulusan
Lulusan SMK Kehutanan diarahkan untuk : 
-  Bekerja di Instansi Pemerintah (Pusat/Daerah)
-  Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Negeri/Swasta
-  Bekerja di Dunia Usaha/Dunia Industri (BUMN/Swasta)
-  Menciptakan lapangan kerja (wirausaha)
Lulusan SMK Kehutanan dipersiapkan sebagai tenaga teknis menengah yang profesional dan siap pakai untuk melaksanakan pembangunan sektor kehutanan.

Persyaratan Calon Siswa 
-  Laki-laki atau Perempuan Warga Negara Indonesia.
-  Tamatan SMP/MTs tahun ajaran 2014/2015 dan 2015/2016.
-  Nilai rata-rata raport minimal untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia semester 1 s/d 5 masing-masing minimal 75.00 (tujuh puluh lima koma nol).
-  Khusus pendaftar dari wilayah kawasan hutan nilai rata-rata raport sebagai mana poin diatas minimal 65.00 (enam puluh lima koma nol).
-  Belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama pendidikan yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang diketahui oleh orang tua.
-  Tinggi badan minimal 160 cm untuk laki-laki dan minimal 155 cm untuk wanit
ehat jasmani dan rohani, tidak cacat mata, dapat melihat secara stereoskopis dan tidak buta warna serta bebas dari penggunaan narkoba, bebas penyakit jantung, hepatitis dan dinyatakan dengan hasil tes kesehatan di SMK Kehutanan Negeri Makassar.
-  Surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian untuk tamatan tahun ajaran 2014/2015, dan keterangan dari kepala sekolah untuk tamatan tahun 2015/2016.
-  Lulus tes seleksi

Pendaftaran
Info Pendaftaran Siswa Baru SMK Kehutanan Negeri Makassar akan dimulai pada 04 April - 14 Mei 2016 Jam 16:00 Wita.

Khusus Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara pendaftaran secara On-Line melalui http://smkkehutananmakassar.sch.id/ppdb

Selengkapnya silahkan baca DISINI

0 komentar:

Posting Komentar